First Ride Impression Bajaj Pulsar 200 NS

pulsar 200 ns kawasaki Jakarta, 9 juni 2013. Kawasaki Motor Indonesia telah melaunching Kawasaki Bajaj Pulsar 200 NS pada 7 juni 2013 di booth Kawasaki Pekan Raya Jakarta (PRJ) dengan harga yang cukup mengejutkan hanya 23.3 juta rupiah OTR.

Motor yang memiliki tenaga paling besar dikelasnya ini merupakan yang ditunggu-tunggu kehadirannya sejak setahun yang lalu. di klaim mampu menyemburkan power sebesar 23.5 hp on crank, dan torsi 18 nm. Lalu apakah tenaganya sesuai dengan yang disebutkan diatas? bisa dibilang demikian

Tepatnya pada tanggal 28 juli 2012, Sudah hampir setahun yang lalu memang saya pertama kali merasakan kedasyatan power yang dimiliki pulsar 200 ns ini. namun untuk mengupdate nya di blog menunggu moment yang tepat saja. Saya rasa sekarang waktunya yang tepat menuliskan first ride impression pulsar 200 ns

First Impression, pulsar 200 NS terbilang fresh alias benar benar baru. namun tetap mengadopsi ciri khas desain pulsar sehingga orang tahu “ini pulsar” terutama lampu belakang yang sangat kental pulsar nya. namun tetap berbeda dari pulsar sebelumnya. suspensi monoshock menjadi andalan untuk sektor buritan belakang dan teleskopik 37mm merk endurance didepan. Dilapisi Cover “kondom” tangki membuat pulsar 200 Ns terlihat kekar. Suara mesin terdengar gahar dan menghilangkan suara ciri khas pulsar “zwingg..zwiing..” yang berasal dari engine balancer. Nampaknya memang Pulsar 200 ns ini tak menggunakan engine balancer seperti pulsar seri lawas

Riding Position pulsar 200 ns terasa masih sama dengan pulsar seri sebelumnya. walaupun menggunakan stang jepit, namun posisi riding tak terlalu membungkuk. layak disebut Sport touring.

Akselerasi dan Topspeed. karakter mesin Pulsar 200 ns sangat jauh berbeda dengan pulsar sebelumnya. memiliki power yang merata dari Rpm bawah hingga 11 ribu RPM. mesin yang overbore seolah membuat tenaga pulsar 200 ns ini tak habis walau sudah menyentuh limiter di 11 ribu rpm. Seolah seharusnya Limiter berada di 12 ribu Rpm. Ini salah satu yang membedakannya dengan seri pulsar sebelumnya. Jalan Rasuna Said Kuningan, Jakarta, menjadi saksi kedahsyatan power Pulsar 200 NS ini, 1st gear 50 km/h, 2nd gear 69 km/h, 3rd gear 96 kmh, 4th gear 115 km/h, 5th gear 130 km/h @9000 rpm, 6th ….. km/h. hanya sampai gigi 5 di rpm sekitar 9000 saya mengukur topspeed, karena jalan yang sudah habis. masih ada gigi ke 6 yang belum sempat digunakan. Dari hasil diatas yang masih saya catatkan di memo dalam Blacberry saya dapat disimpulkan P200NS menggunakan Close ratio sehingga kecil kemungkinan terjadi loss power dalam setiap perpindahan gigi yang dilakukan.

Handling Pulsar 200 Ns bisa dibilang sangat jauh berbeda dengan pulsar sebelumnya yang bisa dibilang “berat’ dalam bermanuver di tikungan maupun macet (meski dalam test ini jalan sangat sepi). Keluar masuk tikungan sangat cepat dan stabil. Tak terasa kalau motor ini memiliki bobot 145 kg bersih. Nampaknya riset Bajaj KTM berhasil membuat sasis berbasis deltabox all new pulsar ini menjadi kunci Kestabilan tersebut. Namun yang tak didapatkan dalam pulsar 200ns adalah ketika test Speed diatas 120 km/h, pulsar 200 ns terasa sedikit melayang dan bagian shock depan terasa terlalu soft. permasalahan ini tak terjadi di pulsar 220 yang sangat stabil dalam kecepatan tinggi over 120 km/h. apakah karena berat testrider (saya) 90 kg? perlu kita telaah lebih dalam.

isi bensin dulu sehabis test ride

Rial hamzah Pulsar 200 ns test ride

Sekian Review pembuka Kawasaki Bajaj Pulsar 200 ns ini, nantikan review pulsar 200 ns untuk pemakaian touring dan harian di artikel yang akan datang.

Dengan Harga 23.3 juta menurut saya sangat tak sebanding dengan fitur yang anda dapatkan (sangat banyak yang didapat :D). hanya injeksi yang kurang dari motor ini. mungkin dalam 4 bulang lagi akan ada pulsar 200 ns yang dikeluarkan versi injeksi oleh Kawasaki Bajaj. Mau beli sekarang atau nanti? pilihan di tangan anda. (RH)

Iklan

About Rial Hamzah

Syndicate motor Indonesia owner. Specialist workshop for build an adventure bike, also creative development design at Coriaz Motoadventure. Just read it and you will be understand me ,, Lihat semua pos milik Rial Hamzah

62 responses to “First Ride Impression Bajaj Pulsar 200 NS

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: