Upgrade Pulsar Lawas Menjadi 220cc. Bisa Donk!!

Pulsar 220 sudah launch lebih dari setahun, dan tahun depan pulsar 200ns akan mengaspal di Indonesia jika tak ada halangan. lalu bagaimana dengan pemilik pulsar lama? apakah harus segera mengganti? itu relatif. jika jawabannya tidak, tetapi ingin merasakan bagaimana performance dari pulsar 220. gimana donk? Karena performance yang mantabh adalah salah satu point dari kenikmatan dalam berkendara.

tips nya adalah dengan “engine swap” beberapa daleman dari pulsar 220 kedalam pulsar lawas kita (pulsar 200, 180 ug III, dan 180 ug IV). apa saja part inti yang perlu diganti agar menjadi “rasa” pulsar 220? pertama adalah kruk as assy dari p220, lalu Block piston kit (blok mesin lengkap dengan piston serta ring pistonnya) pulsar 220, camshaft (noken as), Guide chain kit (busur keteng), cam chain (rante keteng), baut stud mesin, dan jangan lupa untuk mengganti gigi ratio 5 primer skunder dengan pulsar 220. karena kalau ratio nya tidak diganti maka napas di gigi 5 nya menjadi seperti kehabisan nafas. Ditambah dengan Porting and Polish treatment di bagian ruang bakan , akan memberi sedikit rasa lebih diatas pulsar 220 standar lho..

Sebenarnya masih banyak part dari pulsar 220 yang bisa diaplikasikan seperti karburtor, oil cooler, dan sistem pengapian. namun dengan pergantian part inti diatas maka cukup menimbukan sensasi berkendara ala pulsar 220 kok :D.

lalu bagaimana dengan durability? semua part yang dipakai adalah part OEM dari Bajaj sehingga masalah durabilitas sangat terjamin. Tentu saya tidak akan menyarankan kalau modifan itu tidak aman. Lalu apakah semua Plug and play? untuk pulsar 200 iya. untuk pulsar 180 UG IV hanya menyesuaikan di kubah head nya karena piston yang digunakan lebih besar (67mm) dari aslinya yang berukuran 63 mm. Namun untuk Pulsar 180 UG III juga harus menyesuaikan di crankcase (rumah bearing) di perbesar beberapa Ml menyesuaikan dengan bearing Kruk as assy pulsar 220 yang lebih besar

Jika memang ingin upgrade pulsar dengan paket diatas berikut porting and polish, bisa siapkan Budget 2 jutaan saja lalu berangkat ke Syndicate Motor Pondok Kelapa. Bengkel resmi bajaj dan modifikasi semua motor. yang beralamat di Jl H naman No 81 Pondok Kelapa. Jakarta Timur 0856 9458 1000. (/rialhamzah)

Iklan

About Rial Hamzah

Syndicate motor Indonesia owner. Specialist workshop for build an adventure bike, also creative development design at Coriaz Motoadventure. Just read it and you will be understand me ,, Lihat semua pos milik Rial Hamzah

21 responses to “Upgrade Pulsar Lawas Menjadi 220cc. Bisa Donk!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: