Subang Track Day. Advance riding technique

Cerita ini dimulai saat banyaknya rekan-rekan yang suka touring, miring miring, menginspirasi terselenggaranya kegiatan ini. loh kok? apa hubungannya touring dengan sirkuit, cornering, dll? itu mungkin yang terlintas di benak teman teman sekalian, tapi jelas sangat berhubungan.dengan mengerti dasar dasar cornering, maka diharapkan penerapan ke jalanan ketika touring akan membantu terutama dalam, “bagaimana menikung yang cepat, bagaimana menikung yang aman, dan bagaimana menikung yang nyaman”

cornering intinya adalah secepat mungkin melibas tikungan dengan tetap memperhatikan keselamatan dan menghindari kecelakaan. berbicara cornering tak berarti harus ‘kneedown’ menyentuh aspal, kneedown adalah teknik dalam cornering yang menurunkan lutut menyentuh aspal agar dapat memberikan feel seberapa miring motor kita. karena faktanya semakin miring bukan berarti motor semakin cepat namun malah lambat. Melakukan kneedown dengan belum belajar inti dari cornering akan sangat berbahaya terutama jika dilakukan di jalan raya.

sehari sebelumnya saya melakukan persiapan dengan mengganti ban pulsar 220 saya dengan ban yang memang diperuntukkan untuk mereng-mereng. dunlop sportmax gp 180/55/17.

wah apakah perlu buat latihan cornering pakai ban kaya gini? ga perlu bro.. dengan ban standar sangat bisa kok yang penting menguasai teknik dengan benar.

kegiatan Advance Riding Technique pada 19 mei 2012 dibimbing langsung oleh dedengkot COIN (cornering Indonesia) kang Adie “sheldiez” dari bandung.

Sirkuit subang adalah lokasi yang dipilih dalam melakukan kegiatan ini, karena lokasi yang ditengah2 jakarta dan bandung, juga karakter sirkuitnya yang memiliki tikungan pendek pendek serta memiliki trek lurus hanya sekitar 100m. intinya disini adalah belajar cornering, 90% skill yang terpakai bukan performa motor yang diandalkan. max hanya 80-100 km/h yang bisa didapat d trek lurus itupun sangat jarang. dan hanya 50rb rupiah/motor untuk dapat latihan disini.

sebelumnya Kang Adie melakukan coaching clinic sebelum peserta turun ke aspal sirkuit.. pembekalan ini yang sangat perlu agar dapat melakukan cornering dengan benar

setelah cukup pembekalan maka semua peserta memasuki sirkuit untuk mulai mengimplementasikan apa yang didapat pada coaching clinic ke dalam lapangan secara langsung.

tercatat 4 orang terjatuh dalam latihan ini, namun tak ada cidera serius. motor juga tak ada kerusakan parah. dilindungi engine guard maupun frame slider khusus pulsar byRial Hamzah (numpang iklan) .. sehingga body aman..

Mungkin bagi para “bajingan Aspal” atau mereka yang tukang jalan menganggap ini akan mudah karena sudah menjadi kebiasaan atau mungkin merasa “jago” dijalan, namun ketika sudah turun disini dan berusaha mempraktikkan teori-teori nya maka kelihatan deh berantakannya di awal2. hehe.

lebih siap jalan jauh dengan bekal bekal ini? diharapkan iya.

Iklan

About Rial Hamzah

Syndicate motor Indonesia owner. Specialist workshop for build an adventure bike, also creative development design at Coriaz Motoadventure. Just read it and you will be understand me ,, Lihat semua pos milik Rial Hamzah

15 responses to “Subang Track Day. Advance riding technique

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: