Lagi-Lagi, Motor di Tabrak bus TransJakarta. Siapa yang Salah?

Siang hari yang cerah ini saya tak sengaja menonton tayangan Televisi Sergap di RCTI. Lagi-lagi, kecelakaan naas menimpa pengendara motor.seorang pemuda asal kuningan Jawa Barat tewas seketika ketika jatuh terpelanting dalam kecepatan tinggi melewati jalur busway. Tubuhnya terjepit di sela-sela kolong bus TransJakarta.

kecelakaan busway sering terjadi disinyalir karena masih kurangnya disiplin masyarakat dalam hal ini para pengguna jalan dalam berlalu lintas. Pengendara sepeda motor masih sering mengabaikan peraturan yang berlaku dengan menyerobot jalur khusus bus Transjakarta. Padahal, rambu-rambu larangan tersebut sangat jelas dan banyak terpampang di sepanjang jalur bus Transjakarta.

menurut data, di tahun 2010 periode January-April,  tercatat sebanyak 109 kasus kecelakaan melibatkan bus jalur khusus tersebut. Peristiwa kelecakaan itu mengakibatkan 3 orang meninggal dunia, 6 orang luka berat, dan 28 orang menderita luka ringan.

Betul, Jalur bus TransJakarta adalah terlarang bagi semua kendaraan. Betul, jika melanggar memasuki Jalur itu akan mendapat sanksi tergas dari aparat penegak hukum. Namun, jika sudah terjadi kecelakaan seperti ini, mengakibatkan kematian, siapa yang salah?

Menurut pengamatan saya di jalan, Sopir Bus Transjakarta sering mengemudikan Busnya dalam kecepatan yang sangat tinggi, hingga seringkali  tak bisa mengerem dengan baik. saya pernah hampir di tabrak oleh bus ini pula, ketika melaju dengan kencang di lintasan busway tanpa separator, yang ada jalan berwarna hitam merah, tepatnya di persimpangan matraman. berarti ini jalur yang tidak khusus untuk bus Transjakarta kan? Bus melaju dengan kencang padahal kendaraan banyak didepannya. Kencang ditengah kepadatan lalu-lintas

Kasus diatas juga sedikit mencerminkan Sikap pengendara Bus Transjakarta yang bisa dibilang kelewat batas dalam melajukan Bus nya. Kok bisa-bisanya, orang sudah jatoh, terpelanting , masih dilindas juga, sebegitu kencangkah kecepatannya hingga tak dapat mengerem mengendalikan bus nya????

bagaimana menurut anda?

Iklan

About Rial Hamzah

Syndicate motor Indonesia owner. Specialist workshop for build an adventure bike, also creative development design at Coriaz Motoadventure. Just read it and you will be understand me ,, Lihat semua pos milik Rial Hamzah

16 responses to “Lagi-Lagi, Motor di Tabrak bus TransJakarta. Siapa yang Salah?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: