STUPA Fakultas Hukum Universitas Al-azhar Indonesia

Tanggal 22-24 oktober 2010 kemarin merupakan hari yang sangat padat dari rumah. di tanggal itu semua terdapat beberapa acara yang harus saya hadiri. sejak pagi hari saya sudah berangkat dari rumah di Jatiasih Bekasi menuju kampus dengan kondisi box Maxia E52 terisi penuh dan ditimbang mencapai 15 kg. karena banyak barang bawaan yang harus saya bawa untuk 3 hari meninggalkan rumah, maka v46 saya tinggalkan untuk digantikan dengan box maxia e52 yang kapasitasnya lebih besar. Tak lupa tankbag 7 gear nusantara yang juga terisi penuh. menpuh kemacetan jakarta di pagi hari hingga tiba di Kampus Universitas Al-azhar Indonesia di Kebayoran baru Jakarta selatan bukan merupakan hal yang mudah dengan beban motor yang super berat dan akhirnya tiba di kampus tepat jam 8 pagi

kegiatan yang akan saya ikuti dari tanggal 22-24 Oktober ini adalah STUPA dan ultah Subang Pulsar Club (SPC) yang sudah pasti diketahui bro-bro sekalian, Namun apakah itu STUPA? sedikit saya akan bercerita tentang Universitas dan Fakultas saya di Universitas Al-azhar Indonesia(UAI).

STUPA adalah Studi Praktis dan Asimilasi yang wajib diikuti oleh setiap mahasiswa baru Fakultas Hukum UAI, dimana acara ini selalu berada di luar kota jakarta dan tempat favorit yang paling sering diambil adalah di Kawasan Puncak Boogor.

Sebagai Mahasiswa Fakultas Hukum, dituntut untuk mandiri, Jujur, tegas, dan berprinsip yang kuat. Mandiri dalam arti jika kita menghadapi suatu permasalahan hukum ataupun permasalahan sehari-hari, sebisa mungkin untuk mencoba menyelesaikan masalah ini sekuat tenaga dan pikiran kita. dan pada titik dimana kita tidak mampu, barulah mencoba untuk meminta bantuan kepada orang yang tepat yang kita kenal dengan baik untuk meminta masukan bukan mengemis mengharapkan gendongan.

Jujur, sangat Jelas sebagai orang Hukum  kejujuran sangat diperlukan dalam menyelesaikan suatu kasus hukum baik itu yang terjadi di lingkungan privat ataupun sudah memasuki ranah Publik. Jika seorang Mahasiswa Hukum tidak jujur, dampaknya seperti sekarang. Dimana korupsi yang merajalela, Pengadilan juga seakan hanya menjadi permainan uang, dll. Pengaplikasian Jujur dalam lingkungan mahasiswa ini adalah dengan Tidak Menyontek. karena menyontek adalah bibit dari Tindakan korupsi yang bisa kita rasakan saat ini

Tegas dan Berprinsip. Sebagai seorang mahasiswa Hukum, sangat penting memiliki ketegasan dan berprinsip yang kuat, dalam pengaplikasiannya kedepan, jikalau kita dihadapkan pada suatu permasalahan hukum, dengan tegas kita dapat berargumen secara pintar mengedepankan Pikiran bukan hanya permainan bersilat lidah, karena disitula ketegasan dan kepandaian kita diuji. Mahasiswa hukum Juga harus berprinsip. karena apa, dalam dunia Hukum banyak sekali godaan yang datang silih berganti mengajak kita kepada arah kesesatan. Prinsip yang kuat sangatlah dibutuhkan pada diri setiap Mahasiswa Hukum.

Disela-sela acara STUPA ini, peserta STUPA yang semuanya mahasiswa baru Fakultas Hukum UAI 2010 juga desemangati oleh Dekan FH UAI Prof . Erman Rajagukguk S.H., L.Lm., Ph.D. yang juga guru besar di Fakultas Hukum Universitas Indonesia. datang pada hari sabtu 23 Oktober 2010. beliau berpesan agar para peserta untuk rajin belajar dengan giat, agar dapat lulus secpat nya dan bekerja membantu memperbaiki dan menyelesaikan masalah bangsa yang rumit ini.

Beliau juga bercerita tentang masa mudanya dahulu yang Kuliah sambil bekerja menjadi Wartawan di “HARIAN KAMI” sampai surat kabar tersebut di bredel pada 1974. lalu lulus kuliah selama hampir 10 tahun ketika itu karena yaitu tadi, bekerja dan juga menjadi aktivis mahaswa hukum pada masanya, hingga diangkat menjadi wakil sekertaris kabinet pada pemerintahan gusdur, Habibie, Megawati, dan awal pemerintahan SBY.. para peserta dengan hikmat mendengarkan Prof. Erman berbicara dengan suasana santai di kebun dalam area Villa. susana santai penuh kekeluargaan sangat dikedepankan dalam acara ini terlihat dari keceriaan para pesertanya.

Acara STUPA ini juga sebagai ajang perkenalan dan menjalin keakraban antara mahasiswa lama, alumni, serta kepada mahasiswa baru. dimulai pada malam hari 23 oktober para mahasiswa baru memperkenalkan dirinya kepada senior dan alumni, juga sebaliknya, senior dan alumni memperkenalkan dirinya kepada mahasiswa baru 2010 ini hingga menjelang subuh acara ramah tamah dan keakraban ini terus terjadi..

24 Oktober pagi hari setelah acara selesai, saya pulang terlebih dahulu dari acara, karena harus menuju lembang dan subang untuk menghadiri Ultah SPC dan deklarasi yang artikelnya sudah keluar terlebih dahulu sebelum artikel ini. dan akhirnya minggu malam sudah sampai dirumah san beristirahat untuk kegiatan esok hari..

Iklan

About Rial Hamzah

Syndicate motor Indonesia owner. Specialist workshop for build an adventure bike, also creative development design at Coriaz Motoadventure. Just read it and you will be understand me ,, Lihat semua pos milik Rial Hamzah

2 responses to “STUPA Fakultas Hukum Universitas Al-azhar Indonesia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: