Positif atau Negatifkah Penurunan Harga Bajaj Pulsar 180 UG4?

Kita tahu bersama di ulang tahunnya yang ke 4 atas kehadirannya di Indonesia, Bajaj Auto Indonesia atau BAI,, membuat suatu gebrakan baru dalam dunia per-sepeda motoran nasional. Apaka itu? produk baru? dealer baru? atau apa? bukan itu semua. Namun Bajaj menurunkan Harga Untuk pulsar 180 UG4 sekitar 2 jutaan rupiah..

well ini suatu gebrakan yang tentu saja banyak menimbulkan pro dan kontra,, dari harga psikologis normal 18 juta menjadi 15.9 juta. Ada pihak yang merasa dirugikan, ada juga yang merasa diuntungkan. mari kita bahas satu-satu disini.

Positif. tentu hal ini terdengar sangat baik bagi yang ingin membeli pulsar 180. karena harga menjadi 15.9 juta. dan tentu hal ini akan membuat bingung bagi para calon pembeli Yamaha Byson dan Newmegapro. kenapa? dengan harga yang lebih murah sekitar 3 jutaan dari harga Nmp dan Byson, mereka bisa mendapatkan pulsar 180 yang sudah terkenal tangguhnya, teknologinya, bentuk bodynya, dll. walau tentu dalam masalah penampilan Body lebih baik Byson, namun dengan harga yang lebih murah plus cc dan power yang jauh dari byson dan NMP, praktis akan sangat membingungkan bagi calon pembeli. Nampak disinilah Bajaj bermain..

Okey mungkin dalam penilaian saya hanya segitu dari hal yang positivnya. lalu apa sisi negatifnya? begini, jika pemakai/calon pemakai/ pembeli pulsar 180 ug 4 merasa diuntungkan dengan hal ini, namun tidak bagi pemilik lama yang sudah terlebih dahulu beli motor pulsar 180 ug 4, apalagi yang beli seminggu sebelum tahu bahwa harga diturunkan. praktis bagi pemakai p180 UG4 yang sudah memiliki motor akan sangat khawatir dengan harga jual motornya. kenapa? ya waktu harga normal saja sudah agak jatoh kok. bagaimana pasaran harga seken motor ini setelah BAI menurunkan harganya?? inilah indonesia. pasaran motor terkadang ditentukan pedangang sepedah motor bekas itu sendiri. dan kalau bukan Honda, biasanya jatuh harga jualnya. bukan dilihat dari kualitasnya.

BAI tentu bermaksud sangat baik dengan menurunkan harga produknya ini.. Namun tentu sangat mengecewakan bagi yang sudah memakai produk ini. harusnya BAI lebih mengedepankan konsumen yang sudah jelas-jelas memakai produknya.

Banyak pertanyaan yang muncul dibalik turunya harga pulsar 180 ini. apakah kualitas dari pulsar ini menurun? apakah karena ada Bajaj KTM 125 yang akan dikeluarkan dalam waktu dekat? ataukah ada Pulsar 220 yang dinanti selama ini? kalau p220 yang muncul, kenapa bukan p200 yang didiskon habis habisan? karena tentu P200 akan kurang laku kalau p220 keluar. bukan yang 180

Ini Indonesia, masyarakat belum tentu mengerti akan harga yang sangat kompetitif yang ditawarkan BAI ini. pasti banyak pemikiran negatif tentang hal ini termasuk saya sedikit. hehehe. Kalau saya Jadi Presiden direktur BAI, tentu daripada menurunkan harga Pulsar 180 UG 4, lebih baik dana itu saya gunakan untuk melebarkan sayap Bajaj ke seantro nusantra dan membenahkan manajemen dealer-dealer yang bermasalah. karena dengan membenahi dealer dan jaringan 3 s, Ini akan memuaskan para pengguna produk saya. dan lambat laun pasti akan lebih banyak lagi yang membeli motor Bajaj ini karena tak akan takut dengan jaringan 3S nya. Dan di perayaan ulang tahun ini, saya akan membuka 10 jaringan bajaj baru di nusantara. itu kalau saya..

bagaimana dengan anda

About Rial Hamzah

Syndicate motor Indonesia owner. Specialist workshop for build an adventure bike, also creative development design at Coriaz Motoadventure. Just read it and you will be understand me ,, Lihat semua pos milik Rial Hamzah

36 responses to “Positif atau Negatifkah Penurunan Harga Bajaj Pulsar 180 UG4?

  • kebo hitam

    Pertamax
    Saya sangat setuju mas,saya sendiri pemakai UG4 dengan harga 18jt merasa cukup,karna sebanding fitur sama model yg di tawarkan,itulah indonesia kalo bukan H pasti harga jual kembali nyungsep,masalah 3S untuk jkt saya merasa ga khawatir karna udah mulai banyak ko dealer2 bajaj.

  • Maskur®

    harga pasaran pulsar 2nd berapa sih?

    tapi sekarang harga 2nd yang tinggi justru yamaha. Cb aja main2 ke dealer motor 2nd

  • alex

    untuk yg blm beli bajaj 180 ini kabar baik…yg udh terlanjur beli…nangis…kenapa turun harganya baru skng?

  • lexy

    Betul, yg udh terlanjur beli P180 pastilah nyesel..sebaliknya yg mo beli senang walo bertanya-tanya juga, kenapa kok turun harga, apa kwalitasnya diturunin..apa ga laku..dll. Saya termasuk yg beruntung ga jd ambil P180, sebulan yg lalu mikir2 mo beli ini, tp akhirnya mantap berbelok pilih N250.

  • Pr@szt

    Pulsar udah punya pasar sendiri menurutku….cuma harus dimaksimalkan marketing dan 3S nya aja…
    biar lebih punya value di mata konsumen

  • LEGENDA RIDER

    kl ane milihat, jk bajaj mgedepankn pnambhn dealer tanpa pjualn yg bgs, ga akn lama dealer tsb akn ttp. harga trn dharapkn akn mningktkn pjualn dan mnarik dealer baru bgabung. ingat dealer tu bkn cabang. tp idepedent. wl sbagian ada subsidi.

    ane pikir dr sisi penjualn bajaj msh kalah dr minerva, padahal dr sisi image lbh bgs bajaj.

    catatan. p200 jg trun harga. tp dlm bentuk cash back 2jt. jd hgx skr 18jt.

  • yahonsuwakanja

    Sangat positif…
    agar pabrikan lainya tidak ngebandrol harga se-enaknya sendiri..

  • x_cell

    sialan neh pulsar…
    kalo mau turunin harga, turunin tuh yg cc kecil.
    nyesal gw beli pulsar, kirain harga makin tinggi…ehhh malah jual murah..
    kaya PSK aja

  • blade_us

    kasihan pemilik yg lama kalo gitu….

  • jadi agagan

    coba cek deh rupiahin harga pulsar di india, kalo gak salah harganya kurang lebih 16 jt an.. yang aneh ane rasa justru sibison ma nmp / dazzler ko mahal ya disini😦

  • x_cell

    huhh…kalo ntar dijual murah,
    paling2 yg beli mau buat pulsar jadi beca motor…

  • vegadeth

    justru ini pukulan buat produsen gede jgn naikin harga mentang2 laku. kaya hape china ngehajar nokia.

  • vegadeth

    harusnya kalo udh break even poin memang harga harus turun kaya di luar negeri. disini mentang 2 laku justru malah dinaikin. ini pembelajarn kalo konsumen adalah raja.

  • farid

    lha kok malah hampir sama harganya dgn yg pulsar 135 ls ya? Nanti p135 jd gak laku dong..jgn2 akan muncul p180 yg dobel katup kayak p135 he.he.

  • irwan

    Itulah realita kebanyakan dari kita, masih selalu mikir harga secondnya. Jadi meski ada motor dengan bentuk “Jelek sekali pun” tapi kalau berasal dari merek terkenal, tentu akan dibeli. Sekarang kita liat aja tujuan dari BAI apa ? Kalau memang untuk perang harga dengan kompetitornya, itu lebih baik. Tapi kalau tujuannya untuk ngabisin stok PIBO, tentu lain lagi ceritanya.

  • Eres

    Si Bajaj bermain-main, orang Indonesia klo harga murah malah tidak mau beli. Itu juga pertanda Rahul Bajaj tidak pandai menghargai orang terutama pemakai bajaj original p180 ug3 edisi awal tahun 1997an atau pemakai bajaj keselurahan. Mau bilang apapun orang akan lebih senang naik yang mahal dari pada yang murah. Bajaj kelihatannya salah kali ini!

  • anjarrahmulyana

    menurut w itu salah satu taktik marketing bajaj bro, w jga temasuk pemakai bajaj p180 UG4 masih 18,2jt. penjelasan yg w dapet bgini barang bajaj kan built up bro, untuk barang built up cost yg di keluarkan cukup gede,jadii bajaj berencana merakit unit di indonesia. tapi tetep mesin dan rangka n smwa spesifikasi ga di rubah cuma perakitan aja broo yg di indonesia. buat bro smwa yg dah beli jgn menyesal, karena barang kita dikerjakan sama tangan2 shruk khan dan buat yg belum beli sok atuuh beli. sebelum akhir tahun barang p180 UG4 masih built up koo walau harganya 16,2jt. jadi tunggu apa lagii, boros mah udah ga jamannya, bensin MAHHHHHAAAALLLLL. pake yg irit. MOTOR BAJAJ.

  • baru beli P180UG4

    Tenang bro sekalian,
    per-30 oct 2010, semua harga kembali normal kok. Jadi turun harga tersebut murni untuk merayakan 4 tahun BAI di Indonesia.
    Mengenai kenapa P180 ( turun harga ) & P200 ( cashback ), itu karena P135LS terlalu booming sales-nya, yang menyebabkan P180 & P200 mengendur sales-nya dengan juga melihat beberapa kompetitor yang mengeluarkan jagoan2-nya

  • Fen

    Dinaikin ngedumel, diturunin pun manyun.. Sungguh aneh dunia..

  • gogon

    bingung, mo beli atau g nya . . .

  • skorpio

    Yang benar dari sumber yg sangat bisa dipercaya adalah .. Bajaj Pulsar menurunkan/ discount harga dalam rangka Ulang Tahun Bajaj Pulsar yang ke 4 di Indonesia, karena Ulang tahun yang ke 4 maka Bajaj hanya kasih discount untuk 180cc saja selama 4 bulan , mulai bulan Okteber sampai bulan january 2011, harga sebelum 18 juta menjadi 15.9jt dan ditambah dengan cast back 500rb, jadi selama 4 bulan ini harga Pulsar 180cc hanya 15,4jt saja, total potongan sampai 2.6jt. mulai February 2011 nanti Harga Bajaj Pulsar 180cc akan kembali normal..jadi siapa yg mau beli dengan harga murah ( dapat discount dan cast back ) buruaan sebelum harga kembali normal (bulan february 2011 )

  • rooscenna

    Lagi nyari pulsar 2nd eh nemu situs ini😀
    btw numpang nyari P180 ya mas, yg UG4 th ’09 atau ’10 plat L atau W
    kl ad yg minat jual bs dtwrkn ke ane. Cocok lsg serius CASH
    Cepetan Mumpung lagi nyidam hehehe
    sms aja di 081-334-772-123
    khusus P180 ug4 aj y, mhn maaf utk tipe lain tidak minat😀
    thx b4

  • obay

    gw beli bajaj desember 2010. Bingung juga coz 135 sama 180 bedanya cuma 1 jeti. Tapi memang segmen 135 sama 180 agak sedikit berbeda. gw buat di dalam kota jkt, lebih milih 135, secara ga terlalu berat2 amat di banding 180,jadi bisa meliuk2 kemacetan. Disamping itu, badan gw ga gede2 amat, kalo bawa 180, bisa termewek-mewek gw diparkiran geser2 180. Udah gitu, 135 udah pake 4 katup, desaign lebih oke, coba 180 pake 4 katup juga, dah gw kandangin tuh motor. Akhirnya gw pilih 135. Alhamdullilah kaga nyesel, udah irit,tarikannya enteng. Kalau untuk speed 1-80 gampang bget,beberapa detik juga udah nyampe, tapi kalo udah 80, yang gw rasain butuh trek yang panjang. sampe sekarang baru bisa sampe 96, coz keburu ada angkot2 di depan atau lampu merah. Daripada beli bebek, mending beli bajaj dah,mantafffffff….pipis ahhhh

  • edoy

    gw beli bajaj desember 2010. Bingung juga coz 135 sama 180 bedanya cuma 1 jeti. Tapi memang segmen 135 sama 180 agak sedikit berbeda. gw buat di dalam kota jkt, lebih milih 135, secara ga terlalu berat2 amat di banding 180,jadi bisa meliuk2 kemacetan. Disamping itu, badan gw ga gede2 amat, kalo bawa 180, bisa termewek-mewek gw diparkiran geser2 180. Udah gitu, 135 udah pake 4 katup, desaign lebih oke, coba 180 pake 4 katup juga, dah gw kandangin tuh motor. Akhirnya gw pilih 135. Alhamdullilah kaga nyesel, udah irit,tarikannya enteng. Kalau untuk speed 1-80 gampang bget,beberapa detik juga udah nyampe, tapi kalo udah 80, yang gw rasain butuh trek yang panjang. sampe sekarang baru bisa sampe 96, coz keburu ada angkot2 di depan atau lampu merah.
    kalo soal after sales,gw sih beli motor bukan niat dijual lagi, kalo perlu gw pake nih bajaj ampe karatan kaya yang roda 3 nya.

  • jodi

    saya pembeli baru bajaj pulsar180 d surabaayaa mw info nih apa bner plat nomer itu kluarnya lebih dari 2minggu??

  • Ade

    gw dapet info yang sama dengan bro anjarrahmulyana
    dulu built up dari luar, sekarang ngerakit di Indonesia.

    selain itu, harusnya kita liat ini sebagai sesuatu yang positif.
    hal yang benar, komponen biaya yang besar untuk suatu produk teknologi biasanya adalah biaya risetnya. produk2 ketika pertama kali keluar biasanya (dan seharusnya) akan dijual dengan harga cukup tinggi, untuk menutupi biaya riset tersebut. ketika biaya riset tersebut telah tertutupi, harusnya harganya sudah bisa diturunkan. hal ini banyak kita lihat pada harga HP. dari dulu gw terheran2 dengan harga motor jepang yang bukannya makin lama makin turun, namun malah makin lama makin naik. dasar kenaikannya apa, gw selalu bingung, karena bertentangan dengan analisis biaya diatas. gw harap ini bisa jadi pelajaran buat motor jepang agar jangan seenaknya naikin harga…

  • ZACKY

    TUH MENANDAKAN pulsar murahan banget.kalo pengen bersaing naikin kualitas dong, jangan turunin harga, sperti jualan pisang goreng saja.takut gak laku diobral takut basi,he………..

  • farid

    untung aku beli yg P135 acha acha @_@

  • bro ANTO

    gw demen nih..sbg kolektor moge..
    dengan ketatnya persaingan alias kompetitor..membuat harga motor jadi rasional..Indonesia memang potensial untuk market, tapi kita sbg konsumen juga hrs jeli dan sabar..tiap tahun selalu meluncur produk2 berkualitas bagus dgn harga semakin murah..gw tunggu K-250 harganya dibawah 30 jt.Bajaj/Nmg/Bison seharga 10 jt..he..hee..gw tunggu tgl mainnya..nih..

  • sulaiman

    ia saya bali 16jt.tapi kaga ada engkolan nya ya
    ???

  • ramot

    Gebrakan bagus, jadi motor jepang keki. Harga murah tapi, kualitas Pulsar 180 nga diragukan. Ane udh buktiin 4 tahun ini, pake pulsar HEBAT. Jempol dech buat profesor yg bikin mesin DTS-i..

  • jeni

    wah… Law pun tlat ikutan coment’y v gk pa2 lah drpd gk

    Kerent bget pulzar dgan hrga sgtu blum ada mtor lain yg bza ngejabanin teknologi’y c pulzar nie..,

    Oea mslah hrga 16,5 jti smpe skrang juga mzi sgtu… Poko’y Top dech

  • abu bukan teroris

    Pulsar mantab dech, ane mo cb p 180 dech…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Kirimkan setiap pos baru ke Kotak Masuk Anda.

Bergabunglah dengan 118 pengikut lainnya

%d blogger menyukai ini: