Duo Indian Bike Trip To Tasik..

Sedikit cerita beberapa waktu yang lalu.. akibat kesibukan jadi terhambat menulis the story. Pada 15 September 2010 yang lalu, atau H+5 setelah lebaran Idul Fitri, saya berkesempatan untuk dapat melakukan trip pendek ke Tasikmalaya.. Sebenarnya tidak ada persiapan sama sekali untuk melakukan Trip ini. Rencana awal saya adalah ingin menuju Cirebon. Namun saya berniat pergi melewati tasik karena ada beberapa kerabat saya disana yang sedang pulang kampung menggunakan sepedah motor.. 12 jam sebelum keberangkatan saya mengontak 3 teman saya yang berada disana. dan okey berangkat. perjalanan ini saya tidak sendiri. melainkan ditemani bersama bro Bintang dengan TVS Apache RTR 160 nya. Oleh karena itu di judul saya beri “Duo Indian Bike …..” hehe.

Set on GPS dan Kami pun tepat berangkat Pukul 6 pagi. seharusnya sudah berangkat dari pukul 4 pagi namun ya seperti biasa kebiasaan ngaret di kalangan Bikers nampaknya sulit untuk dihilangkan. start dari kediaman saya di jatiasih, rute yang saya tentutkan adalah dari Jatiasih menuju Jonggol via Kota Wisata, lalu keluar di Cianjur lalu masuk daerah Padalarang. setelah itu masuk kab Bandung Cimahi, Purbaleunyi, Nagrek, trans Garut – Tasik. dan tiba di Tasikmalaya.

Perjalanan kali ini adalah santai menikmati alam jonggol dipagi hari hingga siang. dari Jatiasih hingga jonggol dan Keluar di Cianjur sangat bersahabat. Jalur Jonggol jalanannya sudah bagus di cor, jadi sangan recomended untuk dilewati melihat jalur puncak sering dilanda kemacetan. speed rata2 kami di lajur ini sekitar 60km/h. tanjakan dan turunan dilewati oleh Apache dan Pulsar tanpa kesusahan berarti. Hingga sekitar Pukul 10.oo kami sudah mau memasuki cianjur. Namun sebelum masuk jalur cianjur-padalarang kita menyempatkan untuk istirahat sejenak dipinggir jembatan sembari menghisap sebatang rokok ditengah udara sejuk nan asri nya pegunungan.

Saya yakin dijalur Cianjur-Padalarang-Bandung jalanan akan padat, jadi kita bersiap untuk panas-panasan memasuki kab. Bandung Cimahi. perjalanan dari Cimahi hingga Purbaleunyi cukup melelahkan. karena ditempuh hampir 2 jam. karena masih Libur lebaran mungkin. Perlahan tapi pasti sampai juga di purbaleunyi. Kami istirahat kembali setelah bermacet ria. Kebetulan di pinggir jalan banyak yang menjual tahu Sumedang. apa salahnya dicoba.

Sekitar 20 menit kami istirahat, perjalanan kami lanjutkan kembali. karena langit sudah terlihat mendung dan akan tidak menyenangkan jika harus berhujan-hujanan di jalan.

perjalanan dari purbaleunyi hingga Nagrek ramai lancar. rata2 kecepatan 50km/h. namun pada saat memasuki trans Nagrek-Garut-tasik, kemacetan parah terjadi. namun bukan arah ke tasik melainkan arah balik ke Bandung. Mungkin bertepatan dengan arus balik juga.. kemacetan arus balik ini saya perkirakan sekitar 20 km panjangnya.

kemacetan ini menyebabkan motor-motor dari arah berlawanan mengambil jalur kami. Jadi harus sangat hati2 dan sedikit menggeretak dengan sein dan lampu Dim. kalau tidak mungkin tak ada habisnya yang mengambil jalur kami ini.

akhirnya kami tiba di Tasikmalaya. waktu menunjukkan sekitar pukul 12.30.. Setibanya disini kami langsung mengontak kerabat kami Bro Yudi untuk menentukan meeting point dmana kami harus dijemput karena tidak tahu dmana tempat bro Yudi itu..

Setelah bertemu bro Yudi, kami langsung menuju rumah beliau untuk sejenak melepas lelah dan dahaga selama perjalanan yang cukup melelahkan ini.. dan tak sadar saya sempat terlelap dirumah beliau selama kurang lebih 2 jam. nampaknya selama saya tertidur, bro Yudi menyiapkan  ikan mas bakar, dan telah dihidangkan membuat saya terbangun mencium aroma ikan tersebut. hehe..

tak lama berselang, kerabat saya yang lain yaitu Bro Redy dan Bro Okky datang ketempat Bro Yudi. waktu semakin larut. Setelah mandi dan bersih-bersih, kami merencanakan untuk rolling mengelilingi kota tasik. tujuan pertamanya adalah ke Rajapolah untuk membeli oleh-oleh sandal bakiak untuk yang tersayang. setelah itu makan nasi oncom khas tasik.. cukup nikmat juga. Kami melanjutkan perjalanan ini dan disuatu tempat, tanpa disengaja kami bertemu Pulsarian Tasikmalaya. sip terjadilah Sowan dadakan ini. setelah bersilaturahmi para Ranger Tasikamalaya mengajak kami untuk mengelilingi kota Tasikmalaya dan berakhir di pondok nasi goreng yang cukup lezaat dikota ini. begitu yang dikatakan para Ranger Tasikmalaya ini.. thanks bro atas jamuannya. ditunggu kedatangannya di jakarta…

Waktu semakin larut, rombongan kami berpisah dengan Ranger Tasikmalaya, untuk menuju kembali ke kediaman bro yudi. karena saya akan menginap disini, begitu pulsar dengan yang lain.. dan kami berencana pulang ke Jakarta di pagi hari.. zzzzzzzzzzzzzzzZZZzzzzz….

Tepat pukul 05.00 saya terbangun dan bersiap untuk bergegas kembali ke Jakarta, setelah semua siap dan tak lupa mengisi perut terlebih dahulu, mulailah kami memanaskan mesin motor. nampaknya perjalanan pulang ini akan sedikit lebih ramai karena bareng dengan bro Yudi, Dll untuk kembali. Rute yang dipilih untuk perjalanan pulang kali ini adalah melewati jalur tengah. yaitu Tasikmalaya – Majalengka – Sumedang – Subang – Purwakarta – Bekasi..

Perjalanan mulai dari kediaman Bro Yudi hingga memasuki daerah majalengka ramai lancar. Sempat beberapa kali melihat kecelakaan yang terjadi. Keadaan seperti ini tentu membuat saya menjadi ekstra waspada dikarenakan arus balik yang memang berbarengan.

memasuki daerah yang mulai berbelak-belok seperti yang tergambar di GPS saya ini, sedikit insiden kecil menimpa saya. Motor saya di seruduk pemakai mio dari belakang karena Rem yang bersangkutan Blong. Allah masih melindungi sehingga tak terjadi apa-apa. hanya pelindung sein Wingrack N140 saya yang bengkok tertabrak. namun tak membuat lampunya menjadi pecah.

Lalu kami melanjutkan kembali menuju kota Sumedang. disini kami mencari makanan khas sumedang yaitu tahu Bungkeng. dan kembali beristirahat di tahu Bungkeng ini. ya memang perjalanan kali ini misinya mencoba makanan khas disetiap kota yang kita singgahi. hehe.

setelah itu, perjalanan dilanjutkan menuju tempat persitirahatan terakhir yaitu Sate Maranggi yang ada di Cibungur Cikampek. perjalanan dari sumedang melewati subang sangat mengasyikan, kelokan tajam dilalui dengan asyik tanpa hambatan berarti. karena volume kendaraan yang lewat tidak begitu banyak. namun tetap ekstra hati-hati.

setelah itu tiba di sate Maranggi dan menyantap nikmatnya sate ini. kami pun kenyang dan bergegas pulang. memasuki Kota Bukit Indah mulai ramai kembali.. di daerah karawang -cikarang, rombongan hanya bisa berjalan pelan di kisaran 40-60 Km/h karena jalanan padar oleh arus balik. sialnya kami terkena hujan di daerah tambun sekitar 15 km lagi sampai dirumah saya.

dan akhirnya kembali dengan selamat tanpa kutang satu apapun. Touring santai kali ini lumayan sedikit memuaskan hasrat akan touring saya yang susah akhir akhir ini. Tak ada satupun trouble yang terjadi pada motor motor india yang kami pakai. TVS dan Pulsar.. Thanks kepada Ranger Tasikmalaya akan jamuannya..

salam..

Iklan

About Rial Hamzah

Syndicate motor Indonesia owner. Specialist workshop for build an adventure bike, also creative development design at Coriaz Motoadventure. Just read it and you will be understand me ,, Lihat semua pos milik Rial Hamzah

9 responses to “Duo Indian Bike Trip To Tasik..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: