Sekarang Masuk ke Kawah Putih Mahal Yaaa…

Kawah putih, adalah kawah dari gunung patuha yang memiliki ketinggian sekitar 2.386 m dpl. hampir semua orang tahu akan keindahan dan ke-eksotisan dari objek wisata yang terletak di ciwidey, Kabupaten Bandung ini.

Disebut demikian karena memiliki kawah yang putih dan pasirnya seperti berlian ketika terkena sinar matahari. air kawah yang hijau adalah ciri khas lain objek wisata ini. Bau belerang yang timbul dari kawah ini juga menjadi moment-moment yang tak bisa dilupakan juka kita mengunjungi tempat ini.

Pada weekend kemarin, Sabtu-Minggu tanggal 3-4 Jul 2010, saya berkesempatan untuk datang yang kesekian kalinya ke ocjek wisata yang terletak di Bandung Selatan ini. Namun kunjungan saya kali ini tidak dengan Tigerwolf (pulsar 200) saya, melainkan dengan si Rocky.. hehe. Dan juga tidak sendiri melainkan dengan keluarga besar saya.

Perjalanan dimulai sabtu Pagi pukul 05.00 bertemu dengan keluarga besar saya di Km 19 tol Jakarta-Cikampek. setelah itu saya dan 4 mobil lainnya secara berombongan menuju kawasan tersebut. Kebetulan Bapak saya yang menjadi pimpinan rombongan dengan memakai Kijang LGX. perjalanan relatif lancar tanpa halangan. hingga sekitar pukul 10.00 tiba di Lokasi namun tidak langsung naik ke kawah, melainkan mencari penginapan di sekitar lokasi wisata. Dan dipilih penginapan bungalow tepat di depan pintu masuk kawah putih.

Keesokan harinya, kami berniat untuk naik ke kawah putih.. tapi terkaget-kaget bawha tarif masuk untuk mobil pada hari itu sebesar Rp 150.000. dan orang sebesar Rp 15.000. wow,, harga yang cukup mencekik ini membuat kami mengurungkan niat untuk naik ke atas kawah.. dan hanya bermain di seputaran bungalow yang juga banyak terdapat objek wisata. namun saya bertanya kepada petugas Objek wisata kawah putih tersebut, “berapa sih sekarang tarif masuk untuk motor?” beliau menjawab, “kalo motor Rp 3000 mas”. yah masih murah laahhh,,

mengapa harga ini begitu mahal yah untuk tarif masuk mobil? padahal seingat saya belum lama ini tarif masuk mobil ke kawasan Kawah putih ini berkisar Rp 20.000, namun saya sedikit berlega hati, tarif masuk untuk motor masih 3000 saja. tentu kawan-kawan bikers yang ingin touring dengan tujuan kawah putih masih bisa menikmati indahnya kawasan ini dengan budget yang tidak menmbengkak untuk sekedar membeli tiket masuk..

semoga berguna…

About Rial Hamzah

Syndicate motor Indonesia owner. Specialist workshop for build an adventure bike, also creative development design at Coriaz Motoadventure. Just read it and you will be understand me ,, Lihat semua pos milik Rial Hamzah

44 responses to “Sekarang Masuk ke Kawah Putih Mahal Yaaa…

  • dandy

    wah mahal sekali harga masuknya.bisa2 para wistawan domestik yg sdh berada di pintu gerbang objek wisata ini akan mengurungkan niat untuk meneruskan…..
    sangat disayangkan sekali ya!!!

    • Rial Hamzah

      betul.. saya juga kaget nih melihat tarif sebegini mahal. kalo naik motor tetep murah sih.. hehe

    • ojon

      Wahhhh mahalll sekali ..kurang ajar tuhh pengelola mau jual apa mereka apa yang jadi dasar kok jadi mahal begitu sebetulnya juni ini kami 22 mobil mau keatas sana karena thn 2009 sekitar 20 rb an,, ok kita doa in supaya tidak laku tuh dasar perhutani tukang korup tempat dan jalannya juga tidak ditata bagus di doain semoga semoga ancur tuh orang2 kemaruk borokoko siahhh

  • apdri

    Salam kenal…
    kok mahal banget, misalnya dibandingkan kawah Papandayan di Garut, motor+orang cuma 3000 rupiah saja. Padahal di sana ada kawah aktif yang membentang luas, danau yang warna airnya berubah-ubah, sungai bening, air terjun tersembunyi, padang edelweiss, bebatuan berwarna-warni…
    Kalau datang habis subuh, trekking sebentar ke atas bukit, lihat sunrise berlatar G. Cikuray, waktu cuaca cerah di kejauhan tampak G. Ciremai (Cirebon) & G. Slamet (Jateng)ūüôā

  • jeng rondho

    korupsi dimana2!!!!

  • arieprawira

    ini juga banyak yang dikeluh kan para wisatawan, kenapa ya alasannya memberi tarif yang begitu mahal.
    http://linkjournal.wordpress.com/

  • Leo

    kita masuk langsung masuk ^ ^ liat situasi pas “penjaga” nya lagi urus bayar mobil2 yang masuk, tancap 60 aja… dadah…
    Bayar?? keburu illfeel.. >.<

  • raider 125 - obiezone

    tarifnya mahal supaya gak ada yang kesana mungkin..hehe
    itu tarif resmi mas? tertera d karcis?

  • Renzo

    Btul2 skrg jd mhal bgt tarif masuknya smpet jg kmrin marah2 sm petugas grbangnya,, kena 1 mobil 5 orng 225rb dkasi korting jd 200rb,, mungkin karena longsor kmrin ya tp menurut saya trlalu mahal..

  • erwin gunawan

    bener mahal banget,kemarin gw baru habis dari sana udah macet2an naik nya,eh pas nyampe di loket,kayak orang di todong …..gile mahaaaaaallll benneeeerrrrr…..mau g masuk sayang, masa udah jauh2 dari jakarta cuma ngerasain cape di jalan doang….
    akhir nya dengan rasa nyeseeelll & keseeellll…mau g mau gw masuk juga sama keluarga gue…..huhhhh…..bete….
    kayak nya tuh yang patokin harga perlu di protes rame2!!!!!

  • ferry

    kemarin tgl 09 sept 2010 tepatnya, kami sekeluarga 8 orang jauh2 dr tangerang ke kawah putih untuk refreshing.. tp pas sampai pintu masuk kami urung niat utk naik karena tarif masuk sangat mahal. kami dikenakan Rp.25.000,-/orang dan Rp.150.000,-/mobil. terpaksa kami hanya parkir di parkiran pintu masuk.
    Bagaimana orang indo mau kenal wilayahnya sendiri, kl komersil seperti itu… kacau deh liburannya… ud habis uang buat bensin dan tol… eh ngk jadi… kacau…
    kl alasan naik harga untuk pelestarian atau apalah… saya rasa bisa dengan cara lain…

  • awie

    O ternyata banyak juga teman-teman yang mengalami hal serupa, saya bawa keluarga saya dari Medan ke kawah putih, namun harga yang tiba-tiba selangit sangat mengecewakan…. saya yakin harga itu bukan ketentuan aslinya

  • Buthlan

    barusan pagi ane ke kawah putih 3 orang bawa mobil sendiri…
    biaya masuk HTM RP 15.000 / Orang x 3 = Rp 45.000
    Tiket Jasa Llingkungan Roda 4 = Rp. 150.000
    Total Rp. 195.000

    sorenya ane ke Tangkuban Perahu
    HTM Nusantara Rp 11.000 / Orang x 3 = Rp 33.000
    Karcis Masuk Pengunjung (PNBP) Rp 2.000 / Orang x 3 = Rp 6.000
    Karcis Masuk Roda 4 (PNBP) Rp 2.000 / Kendaraan x 1 = Rp 2.000
    Jasa Wisata Kendaraan Roda Empat Rp 8.500
    Total = Rp 49.500

    emang katanya buat lingkungan…tpi edan mahal pisan sianying teh…curiga ada permainan ???

    nb : PNBP = Penerimaan Negara Bukan Pajak

  • icemariye

    Kemarin hari Jumat, 12 November 2010 saya dg teman saya pergi kekawah putih liburan. tapi di luar dugaan kami harga tiket masuk kawah putih muahaaaaaaal banget. tiket per orang 15.000/ Orang,.. yang gilanya harga tiket mobil masuk. Rp 150.000. kami ada ber enam jadi kena Rp. 240.000,-..kami coba tawar. mereka cuma kurangi tiket supir (kurang 15000)…. akhirnya kami batal masuk dan mencari tempat yang lain saja.. ini bukan harga tiket.. ini penodongan.. selama saya ber obyek wisata baru kali ini untuk obyek wisata alam yang suangaaaaat mahal banget…

  • Bayu

    Wah rencananya saya tanggal 7 desember mau pergi kesana, tapi melihat komentar2 tentang harga tiket, saya jadi ngeri dengarnya dan saya bermaksud untuk mengganti tempat liburan,,
    Ada yang tau ga selain kawah putih tempat liburan yang asyik di bandung apa ??

  • ney

    klo gitu ga jadi deh maen ke kawah putihnya,,,

  • ney

    tadinya pengen liburan melepaskan penat seminar,,klo mahal gitu ga jadi…..

  • Kamen Rider

    weeew memang harganya tidak masuk akal dan memang begitu adanya mungkin karena adanya festival kawah putih sebelumnya jadi kejar setoran buat ngegantiinnya kali yaa huuuuuufh

  • koh jun

    aduh kok jadi gitu ya kawah putih, barangkali mau di buat penambangan belerang lagi… kalau mahal kan jadi sepi … kalau sepi jadi tutup … kalau tutup aktivitas lain jalan … apa kita kontrak rame-rame kita jual tiket 2000

  • dina

    berapa harga tiket masuk kawah putih sekarang ????
    untuk satu bis besar.

  • eli

    kira -kira berapa tiket masuk kawah putih
    akhir bulan mei untuk satu bis besar?????

  • ojon

    kok jadi mahal gitu ..emang perhutani menjual apa sih cuma pemandangan alam yang tidak di rawat dan tidak memerlukan biaya …dasar orang2 korup didoain luh tak laku dan hancur orang2nya yang kemaruk tah siborokoko siah

  • wid

    wah ko mahal bgt siy yg k kawah putih…Sya kan mw k sna bulan juni ne,
    Betul ga sih yg 150rb bwt mbil itu? Apa emg itu tarif khusus bwt liburan sja? Tlong d jwb ya..

  • milano

    anying…. saya juga kecele… bulan april saya dan istri dengan anak berumur 2 tahun… total keluar untuk tiket Rp.195.000,- dengan rincian manusia 3×15.000= 45 rb untuk mobil 150.000…. mau digagalin dibelakang dah ngantri….. paket murah dari parkiran naek angkot…. ongkos 30 rb bulak balik…. gw nyesel bgt maen ke kawah putih…. di situ patengang rasa kesal sedikit terobati…. “JANGAN MAU KE KAWAH PUTIH” ada rampok berkwitansi……. nazis….

  • Merjan Vz

    anjiirrr mahall gila -,-”

  • Pesona kawah putih di puncak gunung Patuha | A15G

    […] Referensi menyatakan figur yang berbeda-beda, tetapi yang jelas cukup untuk membuat banyak orang¬†kecewa,¬†mengeluh, dan […]

  • Bama

    Ternyata sudah banyak yg jadi korban ya. Saya pergi ke Kawah Putih tahun kemarin dan kena harga segitu juga. Saya pikir saya ditipu soalnya waktu itu emang sepi bgt dan yg minta bayaran bukan petugas berseragam, tapi dari penampilan mirip tukang ojek dari warga lokal.

  • Anonymous

    beginilah..kalo pemda jawa barat nggak punya tanggung jawab ..terhadap masyarakat…pengaspalan ke kawah putih ditanggung oleh pengunjung…parahhh

  • A15G » Archive » Pesona kawah putih di puncak gunung Patuha

    […] Referensi menyatakan figur yang berbeda-beda, tetapi yang jelas cukup untuk membuat banyak orang¬†kecewa,¬†mengeluh, dan […]

  • iwan

    biar pun mahal buat wisatawan lokal asal harus ada tanggun jwabnya.misalkan,kahilangan dan kecelakaan,itu harus ditanggun pihak pengelolah(ganti rugi)

  • afrizal ramadhan (@AfrizalRamadhan)

    mungkin karena banyak yang prawed kesana, sehingga mendongkrak pendapatan, aji mumpung

  • Anonymous

    Emang sinting yg kelola kawah putih,
    terakhir saya kesana mobil parkir dibawah dan naik omprengan keatas agar lebih murah.

    Masih mending wisata dipuncak, orang lokal lebih murah biaya wisata dari pada mancanegara. emang dasar gak punya otak yang netapin harga masuk tinggi di wisata kawah putih

  • Bedul

    Memang mahal apakah dinas pariwisata mengontrol hal2 seperti ini

  • maryeni anatesia (@anatesia)

    serius? ga jadi deh kesana rabuūüė¶ mahal bgt

  • may

    mau tanya dong klo untuk bus tiket parkir na brpa yah ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Kirimkan setiap pos baru ke Kotak Masuk Anda.

Bergabunglah dengan 118 pengikut lainnya

%d blogger menyukai ini: