D-day My Adventure to bayah

Okey sabtu pagi ini tanggal 15 mei 2010 adalah hari yang saya tunggu-tunggu untuk perjalanan ini. rencana semulam ingin berangkat pada pukul 6.00 pagi. namun karena badan dalam keadaan sedikit lelah karena pada malam 14 mei 2010 terjadi kemacetan parah yang melanda jakarta, saya memutuskan untuk mulai start dari rumah pukul 8.30 pagi. dan sebelum keberangkatan sempat membenarkan cas-an GPS saya yang rusak. setelah membenarkan, lalu di test dan dapat berfungsi. setelah siap semua pamit dengan orang rumah untuk memulai perjalanan ini.

Route yang saya pilih untuk ke bayah adalah route yang saya sudah ulas di post sebelumnya. yaitu Jatiasih, melewati kota wisata arah ke sentul, bogor, dramaga, leuwiliang, jasinga, cipanas, warung banten, cikotok, lalu bayah. Perjalanan pada pagi ini lalulintas cukup lancar. memasuki sentul, kesialan menimpa saya, Casan GPS yang tadinya dapat berfungsi seteleah saya repair, tenyata kembali kumat. tidak dapat berfungsi dan GPS pun menjadi mati. saya yakin solderan saya kurang padat sehingga casan ini rusak kembali terkena getaran. karena tak membawa alat solder, saya memutuskan untuk membeli casan universal umtuk HP di plaza jambu dua bogor. kurang lebih setengah jam dan dapat barang yang saya ingin. namun ternyata sial, setelah setengah jam riding, Gps kembali mati. Mungkin korang cocok dengan casan ini. yasudahlah, terpaksa membelah hutan tanpa gps, Berharap tidak tersesat.

selepas leuwiliang ke arah jasingan, Saya menghantam lobang dalam yang menyebabkan breket HR4 saya menjadi kendor dan seperti ingin jatih ke belakang. beruntung pelek tidak ada yang peyang menghantam lobang sangat besar tersebut. ga sia-sia mengganti dengan ban tebal di depan.  setelah fix, saya kembali berjalan menuju jasinga-cipanas dan berhenti sejenak di perbatasan Jawa Barat Dengan Provinsi Banten

Mulai dari perbatasan ini kondisi jalan sudah mulai sedikit angker. tak berapa lama berselang, tibalah saya pada suatu persimpangan di cipanas. dimana kalau ke kanan, melewati malingping untuk menuju bayah, dan kiri melewati dan membelah gunung halimun hingga warung banten dan cikotok. di pertigaan tersebut saya bertanya kepada orang sekitar tentang arah saya. dan mereka semua tidak merekomendasikan untuk belok kiri melewati gunung halimun karena kondisi jalan yang  tidak baik. namun karena saya sudah merencanakan untuk melewati gunung ini, saya terpaksa mengelakkan nasihat dari orang tersebut.

Perjalanan saya mulai membelah hutan. yup benar, jalanan 95% terbuat dari batu kali dan bebatuan tanpa aspal. 10 km pertama masih lumayan banyak penduduk. dan setiap saya berhenti bertanya, mereka seolah menyuruh saya memutar balik melewati malingping saja karena jalan sangat tidak bersahabat. tapi saya bertekat untuk melanjutkan terus. perjalanan dari cipanas-warung banten yang membela gunung halimun seperti ini

dalam awal-awal memasuki trek gunung halimun, banyak sekali ditemukan jembatan kayu seperti ini. pemandangan hijau yang sangat indah dan asri. jarang ditemukan di jakarta yang padat ini. hujan pun turun rintik-rintik yang membuat jalan menjadi semangkin licin. namun nampaknya ban saya tidak mengalami slip sedikitpun. di beberapa titik mendekati puncak, terdapat tulisan-tulisan seperti ini..

Sempat juga berfoto di salah satu titik tertinggi dalam route yang saya lewati di pegunungan halimun salak ini.

sudah hampir 30 km saya berjalan di jalan seperti ini. dan nampaknya masih ada beberapa anak gunung dalam pegunungan halimun ini yang harus saya lewati..  semangkin jauh kedalam, semangkin jarang penduduk yang saya temui. ada beberapa penduduk, namun kesulitan bercakap karena kurang fasih berbahasa indonesia. waktu sudah menunjukkan pukul setengah 5 sore. dan perjalanan ini menjadi sangat berat. karena mulai memasuki medan tanah liat di daerah pertambangan emas. ditambah hujan yang turun beberapa saat yang lalu menjadikan jalan menjadi merah

hati sudah berdetak kencang karena jam menunjukkan sudah mau mendekati pukul 6 sore. namun keadaan saya masih di dalam hutan belantara ini. hati semakin tidak tenang dikala jam menunjukkan pukul 6 sore, dan jalan keluar masih 17 km lagi. dalam keadaan jalan seperti ini, 17 km sangatlah jauh. kecepatan motor rata-rata dalam jalan seperti ini hanya 5-13 km/jam. keadaan sudah semangkin gelap. ini foto yang saya ambil pukul 6 sore sebelum langit menjadi gelap.

bayangkan, melewati hutan ini sendirian dengan bermodal headlamp motor asli, membuat hati saya sangat tidak tenang. bukan masalah takut akan makhluk halus, saya lebih takut terhadap makhluk yang nyata seperti begal dan lainnya. serta selalu berdoa agar motor tidak mengalami masalah. karena sumber cahaya hanya dari lampu saya saja. setelah 1.5 jam dalam suasana hutan yang mencekam, berhasil saya lalui dengan selamat dan akhirnya saya tiba dijalan raya warung banten. pukul setengah 8 saya keluar hutan halimun ini. Langsung saja saya menggeber mesin diatas jalan yang halus. di daerah cikotok saya menepi di suatu mesjid untuk cuci kaki dan shalat. setelah itu saya meng-contac teman-teman dari prides-online yang sudah sampai di bayah lewaat route normal. Setelah mendapat kabar akan lokasi dari teman-teman, saya langsung menuju objek wisata pulo manuk dimana teman-teman menginap. dan akhirnya jam setengah sembilan tiba di lokasi dan langsung mandi, lalu menyantap makan malam lalu istirahat untuk melanjutkan perjalanan pulang esok harinya.

berlanjut…..

Iklan

About Rial Hamzah

Syndicate motor Indonesia owner. Specialist workshop for build an adventure bike, also creative development design at Coriaz Motoadventure. Just read it and you will be understand me ,, Lihat semua pos milik Rial Hamzah

22 responses to “D-day My Adventure to bayah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: