SIM Pintar Elektronik.. apaan tuh???

Menarik,, Tak sengaja saya membaca sebuah berita di detik.com, bahwa akan diterbitkan sebuah sim yang memungkinkan kita membayar sim langsung di tempat,, Ulasannya seperti dibawah ini yang saya kutip langsung dari sumbernya…

Jakarta – Rencana kepolisian untuk membuat sebuah Surat Izin Mengemudi (SIM) yang dapat dipergunakan untuk membayar denda tilang dimaksudkan untuk memperkecil ruang gerak oknum polisi nakal yang suka melakukan pungutan liar (pungli).

Karena dengan SIM model seperti ini, si pengendara yang kena tilang dapat langsung membayar denda tilangnya hanya dengan menggesek SIM mereka ke alat gesek yang ada di pos atau mobil Polisi.

“Dengan SIM canggih ini, semoga pungli tidak ada lagi,” tegas Kasubdit Pendidikan Masyarakat Ditlantas Polri Kombes Pol Kartono di Jakarta, (22/4/2010).

Kartono menjelaskan kalau Bank Rakyat Indonesia (BRI) saat ini sudah setuju bermitra dengan kepolisian untuk merealisasikan hal tersebut. Kini BRI pun sudah meminta izin kepada Bank Indonesia untuk mengeluarkan kartu itu.

Bila memang benar terlaksana, kemungkinan para pemilik SIM canggih ini akan disuruh untuk menaruh uang deposit dalam jumlah tertentu. Nah, uang inilah yang nantinya akan mereka gunakan utnuk membayar denda tilang.

“Dengan adanya SIM model seperti ini, selain menghindari potensi pungli, para pengendara pun diuntungkan, karena bisa langsung membayar denda tilang di tempat dengan aman,” tandasya.

Selain mengenai denda, SIM ini pun menurut Kartono akan cukup canggih dimana seluruh data si pemegang SIM akan ada di dalam kartu itu. “Jadi walaupun dia ke kota lain, sejarah pelanggarannya tetap akan bisa dicek oleh polisi daerah,” pungkasnya.

So, saya rasa ini merupakan solusi yang tepat ditengah-tengah ketidakpastian hukum yang sering kita hadapi di jalan. Kebijakan seperti ini tentu akan mudah bagi kita untuk membayar denda langsung ditempat dan tepat. karena sistem pembayaran dendanya hanya dengan menggesekkan sim kita di mesin seperti atm yang berada di mobil mobil polisi. Karena uang yang kita berikan langsung masuk ke kas negara bukan kas pribadi oknum Polisi.Semoga realisasi dari sistem yang baru ini dapet segera dilaksanakan agar uang negara tak banyak yang menguap ke kantong-kantong pribadi Oknum Aparat…… sekian.

Iklan

About Rial Hamzah

Syndicate motor Indonesia owner. Specialist workshop for build an adventure bike, also creative development design at Coriaz Motoadventure. Just read it and you will be understand me ,, Lihat semua pos milik Rial Hamzah

8 responses to “SIM Pintar Elektronik.. apaan tuh???

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: