DOT atau SNELL….. Boleh donk!!

hari ini tanggal 1 april 2010 merupakan hari pertama diberlakukannya peraturan tentang standarisasi helm yang harus berlogo “SNI” dengan emboss. banyak pro kontra dengan diberlakukannya peraturan ini. Banyak yang tidak setuju dengan aturan ini. Oke helm cetok tidak bisa dipakai lagi. karena sudah jelas itu tidak memenuhi unsur safety. ketidak setujuan ini karena helm yang berlogo SNI dengan Emboss pun masih dianggap kurang safety bagi kebanyakan bikers2. Masalah tali yang suka kendor sendiri, kualitas material plastik itu sendiri, yang kadang-kadang masih jauh dibawah standar minimal bagi kita pencinta safety. saya bandingkan helm bawaan suzuki skydrive yang logo SNI nya sudah di emboss, dengan helm INK putih saya yang biasa dipakai tiap hari, ternyata sangat lebih bagus helm INK saya yang tanpa emboss SNI.

Lalu bagaiana dengan kita yang memiliki helm sekelas GIVI, ARAI, SHOEI, dll yang notabene helm import yang tak munkin ber’emboss SNI? nampaknya bagi pemilik hel import yang hanya berlisensikan “DOT” atau “SNELL” tanpa embel-embel SNI, dapat bernafas lega. mengapa? kawan kita bro daniel anggota VIXUS (vixion kaskus) menanyakan hal ini kepada TMC Polda metro jaya di site resminya TMC POLDA METRO JAYA.

Beliau bertanya apakah helmnya yang hanya memiliki lisensi DOT atau SNELL tidak dapat digunakan? lalu TMC webmaster menjawab bahwa helm tersebut dapat digunakan. bisa dilihat dari foto percakapan singkat namun sangat berarti berikut,

Semoga dengan jawaban berikut sejalan dengan fakta yang terjadi di lapangan. Karena walaupun UU nya Jelas, PP nya jelas, semua itu terkadang masih dapat  dicari kesalahan dan ketidakjelasan dari aturan itu sendiri oleh OKNUM yang tak dapat dipertanggungjawabkan perbuatannya.

Iklan

About Rial Hamzah

Syndicate motor Indonesia owner. Specialist workshop for build an adventure bike, also creative development design at Coriaz Motoadventure. Just read it and you will be understand me ,, Lihat semua pos milik Rial Hamzah

6 responses to “DOT atau SNELL….. Boleh donk!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: